Pertumbuhan dan Perkembangan

I.          Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
a)Pengertian Pertumbuhan
                      Pertumbuhan (growth) merupakan peningkatan jumlah dan besar sel diseluruh bagian tubuh selama sel-sel tersebut membelah diri dan menyintesis protein-protein baru. Menghasilkan penambahan jumlah berat secara keseluruhan atau sebagian. 
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah ) yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.

b)  Pengertian Perkembangan
            Perkembangan (development), adalah perubahan secara berangsur-angsur dan bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh, meningkat dan meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan, kematangan, atau kedewasaan, dan pembelajaran. (wong, 2000).
Secara umum konsep perkembangan dikemukakan oleh Werner (1957) bahwa perkembangan berjalan dengan prinsip orthogenetis, perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan di mana diferensiasi, artikulasi, dan integrasi meningkat secara bertahap. Proses diferensiasi diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri anak. Dari penghayatan totalitas itu lambant laun bagian- bagiannya akan menjadi semakin nyata dan tambah jelas dalam rangka keseluruhan.



Prinsip Tumbuh Kembang

Proses tumbuh kembang anak juga mempunyai prinsip-prinsip yang saling berkaitan. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Kematangan merupakan proses intrinsik yang terjadi dengan sendirinya, sesuai dengan potensi yang ada pada individu. Belajar merupakan perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha. Melalui belajar, anak memperoleh kemampuan menggunakan sumber yang diwariskan dan potensi yang dimiliki anak.

2.    Pola perkembangan dapat diramalkan yaitu terdapat persamaan pola perkembangan bagi semua anak sehingga perkembangan seorang anak bisa diramalkan dan perkembangan seorang anak berlangsung dari tahapan yang umum ke spesifik dengan berkesinambungan (Depkes,  2005: 4-5, IDAI, 2002: 7-8).

Ø  Prinsip tumbuh kembang
  1. tumbuh kembang terus menerus dan komplek
  2. tumbuh kembang merupakan proses yang teratur dan dapat diprediksi
  3. tumbuh kembang berbeda dan terintegrasi
  4. setiap aspek tumbuh kembang berbeda dalah setiap tahapnya dan dapat dimodifikasi
  5. tahapan tumbang spesifik untuk setiap orang
Ø  Prinsip Perkembangan dari Kozier dan Erb
  1. manusia tumbuh secara terus menerus
  2. manusia mengikuti bentuk yang sama dalam pertumbuhan dan perkembangan
  3. manusia berkembang menyebabkan dia mendapatkan proses pembelajaran dan kematangan
  4. masing-masing tahapan perkembangan memiki karakteristik tertentu
  5. selama bayi (infancy) dan balita merupakan saat pembentukan perilaku, gaya hidup, dan bentuk pertumbuhan.
Ø  Tumbuh kembang adalah Orderly (tertib) dan sequential tetapi juga terus menerus dan komplek.
  1. Setiap orang memiliki pengalam yang sama bentuknya
  2. Setiap bentuk dan tingkat perkembangan adalah khas
Ø  Tumbuh kembang memiliki pola teratur dan dapat diprediksi;
  1. Cephalocaudal (head to tail)
  2. Proximaldistal
  3. Symetrical
Ø  Tumbuh kembang berbeda dan terintegrasi
Contoh syaraf tumbuh khas atau berbeda karena berespon terhadap rangsangan yang berbeda.

Ø  Perbedaan aspek dalam tumbuh kembang terjadi karena beda tahap, jumlah dan dapat dimodifikasi.
  1. tulang tumbuh cepat pada tahun pertama, selama tahun sebelum sekolah pertumbuhan tulang melambat
  2. bicara berkembang cepat pada usia 3 – 5 tahun

Ø  Empat jenis tumbuh-kembang
  • Tumbuh-kembang fisik meliputi ukuran besar dan fungsi organisme/individu
  • Tumbuh-kembang intelektual merupakan kepandaian komunikasi dan menangani materi abstrak dan simbolik 
  • Tumbuh-kembang emosional merupakan kemampuan membentuk ikatan batin, cinta dan kasih sayang, mengelola rangsangan agresif dan kegelisahan  
  • Tumbuh kembang spiritual berupa keimanan, ketuhanan, semangat hidup, bertahan (fitrah manusia bertauhid)   
Ø  Hal-hal yang mesti diperhatikan
  • Setiap individu mempunyai kemampuan adaptasi terhadap perubahan 
  • Setiap individu adalah unik 
  • Tujuan perkembangan adalah pencapaian aktualisasi diri atau kesadaran diri
  • Ciri tumbuh kembang yang utama
  • Pada periode tertentu ada masa percepatan atau masa perlambatan 
  • Laju tumbuh kembang yang berbeda di antara organ tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar