TAHAP
PERKEMBANGAN ANAK
Tingkat perkembangan yang harus dicapai anak pada
our tertentu di kutip dari dr. Soetjiningsih, 1998 misalnya:
ü 4-6
minggu :Tersenyum spontan, dapat mengeluarkan
suara 1-2 mg
ü 20
minggu :Meraih benda yang didekatkan
kepadanya
ü 13 bulan :Berjalan
tanpa bantuan, mengucapkan kata-kata tunggal
Adapun skema praktis perkembangan mental anak
Balita disebut skala Yaumil-Mimi:
1. Dari lahir
sampai 3 bulan
− Belajar
mengangkat kepala
− Belajar
mengikuti objek dengan matanya
− Melihat ke muka
orang lain dengan wajah tersenyum
− Bereaksi dengan
suara dan bunyi
−
Mengenal ibunya dengan
penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak
− Menahan barang
yang di pegangnya
−
Mengoceh spontan atau bereaksi
dengan mengoceh
2. Dari 3-6 bulan
−
Mengangkat kepala 90o
dan mengangkat dada dengan bertopang tangan
−
Mulai belajar meraih benda-benda
yang ada di dalam dan luar jangkauannya
− Menaruh
benda-benda di mulutnya
− Berusaha
memperluas lapangan pandangan
−
Tertawa dan menjerit karena
gembira diajak bermain
− Mulai berusaha
mencari benda-benda yang hilang
3. Dari 6-9 bulan
− Dapat duduk
tanpa di bantu
− Dapat tengkurap
dan berbalik sendiri
−
Dapat merangka meraih benda /
mendekati seseorang
−
Memindahkan benda dari satu
tangan ke tangan lainnya
−
Memegang benda kecil dengan ibu
jari dan jari telunjuk
− Bergembira
dengan melempar benda-benda
− Mengeluarkan
kata-kata yang tanpa arti
−
Mengenal wajah-wajah anggota
keluarga dan takut pada orang asing
−
Mulai berpartisipasi dalam
permainan tepuk tangan dan sembunyi-sembunyian
4. Dari 9-12 bulan
− Dapat berdiri sendiri tanpa di bantu
− Dapat berjalan
dengan di tuntun
− Menirukan suara
− Mengulang bunyi
yang didengarnya
−
Belajar menyatakan satu atau dua
kata
− Mengerti
perintah sederhana atau larangan
− Memperlihatkan
minat yang besar dalam mengeksplorasi sekitarnya, ingin menyentuh apa saja dan
memasukkan benda-benda ke mulutnya
− Berpartisipasi
dalam permainan
5.
Dari 12 – 18 bulan
− Berjalan dan
mengeksplorasi rumah serta sekeliling rumah
− Menyusun 2 atau
3 kotak
− Dapat
mengatakan 5 – 10 kata
− Memperlihatkan
rasa cemburu dan bersaing
6.
Dari 18 sampai 24 bulan
− Naik turun
tangga
− Menyusun kotak
− Menunjuk mata
dan hidunya
− Menyusun dua
− Belajar makan
sendiri
− Menggambar
garis dikertas atau pasir
−
Mulai belajar mengontrol BAB dan
BAK
−
Menaruh minat kepada apa yang di
kerjakan oleh orang-orang yang lebih besar
−
Memperlihatkan minat kepada anak
lain dan bermain-main dengan mereka
7. Dari 2 – 3
tahun
−
Belajar meloncat, memanjat,
melompat dengan satu kaki
− Membuat
jembatan dengan tiga kotak
− Mampu menyusun
kalimat
− Mempergunakan
kata-kata saya, bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya
− Menggambar
lingkaran
− Bermain bersama
anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya
8.
Dari 3 – 4 tahun
− Berjalan-jalan
sendiri mengunjungi tetanggannya
− Berjalan pada
jari sendiri
− Belajar
berpakaian dan membuka pakaian
− Menggambar
garis silang
−
Menggambar orang hanya kepala dan
badan
− Mengenal 2 – 3
warna
− Bicara dengan
baik
− Menyebut
namanya, jenis kelamin dan umurnya
− Banyak bertanya
− Bertanya
bagaimana anak dilahirkan
−
Mengenal sisi atas, bawah, muka
dan belakang
−
Bermain dengan anak lain dan
menunjukan rasa sayang kepada saudaranya
− Dapat
melaksanakan tugas sederhana
9. Dari 4 – 5 tahun
− Melompat dan
menari
−
Mengganbar orang terdiri dari
kepala, lengan, badan
−
Menggambar segi empat dan segi
tiga
− Pandai bicara
− Dapat
menghitung jari - jarinya
−
Dapat menyebut hari – hari dalam
seminggu
−
Mendengar dan mengulang hal – hal
penting dan cerita
−
Minat kepada kata baru dan
artinya
−
Memprotes bila dilarang apa yang
diingininya
− Mengenal 4
warna
− Memperkirakan
bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil
−
Menaruh minat kepada aktifitas
orang dewasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar